Auxiliary Verb Have Bahasa Inggris
Auxiliary verb have berfungsi membuat kalimat yang menyatakan "sudah" (perfect). Untuk membuat kalimat perfect, kamu harus pakai verb 3, baik dalam kalimat positif, negatif, maupun tanya. Namun, karena verb 3 tidak bisa berdiri sendiri, maka harus dibantu oleh auxiliary verb have. Sama seperti do, have juga cuma punya 3 “anak”. Lihat tabelnya, yuk!

Subject Verb 1 (Present) Verb 2 (Past)
I
You
We
They
have had
He
She
It
has

Hanya ada dua catatan tentang have sebagai berikut.

1. WAJIB diikuti verb 3

Pada auxiliary verb be dan auxiliary verb do, kamu sudah dikenalkan dengan verb 1, verb 2, dan sedikit tentang verb 3 (pada auxiliary verb be: kalimat pasif). Nah, di bagian ini, kamu akan berkenalan lebih jauh dengan verb 3. Sebelumnya sudah disebutkan tentang regular dan irregular verbs, verb 3 juga merupakan bagian dari itu.

Contoh:
=> Regular verbs (pakai pola verb 1+ ed)
Verb 1 Verb 2 Verb 3
ask asked asked
borrow borrowed borrowed
kick kicked kicked
Gampang, kan? Tinggal ditambahkan -ed.

=> Irregular verbs (tidak mengikuti pola -ed)
Verb 1 Verb 2 Verb 3
see saw seen
eat ate eaten
put put put
Untuk yang satu ini, kamu memang harus hafal. Tapi tenang, kamu nggak perlu susah payah menghafal, asal kamu banyak membaca dan berlatih, pasti kamu akan cepat hafal.
Ingat, have harus diikuti verb 3!

  • I have lived alone for two years.
    [Saya sudah tinggal sendiri selama dua tahun.]
  • She has been a teacher since 2005.
    [Dia sudah menjadi guru sejak tahun 2005.]
  • We have borrowed this book for a week.
    [Kita sudah meminjam buku ini selama seminggu.]
  • Irwan had eaten when I asked him to go out.
    [Irwan sudah makan ketika saya mengajak dia untuk pergi keluar.]
Mungkin ada yang bingung, kapan harus pakai have/has dan kapan pakai had? Sedikit gambaran saja, had dipakai untuk menunjukkan kejadian yang telah selesai ketika kejadian lain terjadi di masa lampau. Coba kita lihat contoh yang tadi.

Irwan had eaten when I asked him to go out.
[Irwan sudah makan ketika saya mengajak dia untuk pergi keluar.]

Irwan telah selesai makan ketika kejadian lain terjadi (saya mengajak dia untuk pergi keluar). Bisa dipahami? Jika belum, tenang saja, kamu bisa belajar di bagian Tenses: Past Perfect.
Saat ini, yang penting kamu mengerti bahwa auxiliary verb have(have, has, dan had) harus diikuti oleh verb 3. OK.

2. Tambahkan NOT setelah have untuk kalimat negatif

Sama seperti auxiliary verb be dan auxiliary verb do, untuk membuat kalimat negatif, tinggal tambahkan NOT setelah have-nya (have/has/had). Setelah dibuat menjadi kalimat negatif, have/has/had + not bisa diartikan tidak pernah atau belum pernah. Tapi ingat, harus tetap diikuti verb 3 ya.
We have been to USA [Kita sudah pernah ke Amerika.] →  We have not been to USA [Kita tidak pernah ke Amerika.]Ruby has lived alone before [Ruby sudah pernah tinggal sendiri sebelumnya] →  Ruby has not lived alone before [Ruby tidak pernah tinggal sendiri sebelumnya]
Selesai untuk pembahasan Auxiliary Verb Have. Yaitu dari rangkaian penjelasan dari Auxiliary Verb Be, Auxiliary Verb Do, Auxiliary Verb Modals.