Penggunaan Elliptical Construction Bahasa Inggris
Sudah lihat gambar di atas? Coba perhatikan kata-kata di dalamnya. Di sana, kamu bisa lihat so am I dan I don’t either. Kira-kira kita akan belajar tentang apa ya sekarang? Ayo coba tebak. Yup, kali ini kita akan belajar tentang:

ELLIPTICAL CONSTRUCTION

Ada yang pernah dengar elliptical construction? Elliptical construction digunakan untuk menggabungkan dua kalimat yang mempunyai kesamaan. Dalam bahasa Indonesia, elliptical construction bisa diartikan juga.

Auxiliary Verb Do Bahasa Inggris
Auxiliary verb do dipakai di kalimat negative (negatif) dan interrogative (tanya) dalam verbal sentence. Ingat verbal sentence, kan? Yup, kalimat yang memakai verb. Di bagian ini, kamu akan belajar kalimat negatif-nya dulu. Untuk kalimat tanya, nanti akan kamu pelajari di bagian Question Words.

Apa saja yang termasuk auxiliary verb do? Cuma ada 3, yaitu do, does, did (semuanya berawalan huruf “d”). Gampang kan?

Penggunaan Question Tags Bahasa Inggris
Sudah lihat gambar di atas? Coba perhatikan kata-kata: have we, can you.
Di bagian ini, kita akan belajar:

QUESTION TAGS


Pernah dengar apa itu question tags? Dalam bahasa Indonesia, question tags bisa diartikan “kan?” di akhir kalimat. Contoh, “Ayahmu seorang dokter, kan?”

Nah, sekarang kita bahas question tags dalam bahasa Inggris. Question tags digunakan untuk memastikan pernyataan yang diungkapkan atau untuk mencari persetujuan dari orang yang diajak bicara.

Penggunaan Adjective Clause Bahasa Inggris
Perhatikan gambar di samping ini. Coba kamu lihat ada kata: which. Menurut kamu, apa fungsi kata which tersebut? Coba bayangkan kalau kalimat tersebut hanya “I lost the book”. Kamu pasti nggak tahu buku seperti apa yang hilang, kan?

Nah, untuk membuatnya lebih jelas, kamu butuh penjelasan adjective clause. Dalam bahasa Indonesia, adjective clause memberi arti "yang".
Siap untuk belajar? Let’s start.

Di bagian ini, kita akan belajar fungsi adjective clause, kata-kata pembentuk adjective