Membuat Kalimat Collective Noun
Dalam bahasa Inggris terdapat Collective Nouns yaitu kata benda kolektif. Ada jenis kata benda tertentu yang dianggap tunggal, meskipun memiliki anggota individual yang lebih dari satu.
Kata-kata seperti team (tim) atau group (kelompok), sebenarnya tentu terdiri atas lebih dari satu orang. Namun, perlakuannya dalam kalimat disamakan dengan kata benda tunggal.

Kata yang sama bisa pula diperlakukan sebagai kata benda jamak. Untuk membuat kalimat collective noun, penulisnya harus memberikan pengertian pada pembaca agar kata benda kolektif itu dimengerti dan ia harus konsisten menggunakannya sebagai kata benda tunggal atau jamak.

Kata yang jelas terlihat jamak seperti contents (isi, daftar isi) bisa diperlakukan tunggal bila yang dimaksud adalah isi atau daftar isi secara keseluruhan, dan juga bisa diperlakukan jamak bila yang dimaksud adalah setiap isi yang ada. Bedakan kedua contoh berikut.
  • The contents of this book contains five parts.
    [Isi buku ini terdiri atas lima bagian.]
    *Dalam kalimat ini, yang dimaksud adalah daftar isi buku ini secara keseluruhan (tunggal).
  • Contents of this book are organized in five parts.
    [Kandungan buku ini diatur dalam lima bagian.]
    *Dalam kalimat ini, yang dimaksud adalah masing-masing isi dari bab buku ini (jamak).
Contoh kata benda kolektif lainnya adalah army (tentara), audience (hadirin), band (band), committee (panitia), couple (pasangan), flock (kawanan), jury (juri), dan majority (mayoritas).