Membuat Kalimat Article/Determiner Bahasa Inggris
Dalam bahasa Indonesia, kita telah mengenal Kata Sandang, yaitu kata yang dicetak tebal pada kalimat berikut.
  • Sang raja amat bijaksana.
  • Si Rudi pergi ke pabrik.
Dalam bahasa Inggris, kita juga terdapat kata sandang yang disebut article atau determiner, yaitu a/an dan the. Namun, cara penggunaannya berbeda dengan kata sandang dalam bahasa Indonesia. Untuk membuat kalimat article/determiner dalam bahasa Inggris, ia harus digunakan sebelum kata benda tunggal yang bisa dihitung.

Part of Speech Preposition Bahasa Inggris
 
Kamu pasti sudah nggak asing dengan preposition. Kamu biasa menggunakannya untuk menyatakan tempat, tanggal dan sebagainya. Kalau dalam bahasa Indonesia, preposition disebut kata depan. Coba deh kamu lihat gambar di samping.

Ada 3 prepositions yang terdapat dalam gambar di atas, yaitu in, on, at. Kita bahas satu per satu penggunaannya yuk.

1. Penggunaan Preposition In

Digunakan untuk menyatakan hal berikut ini.

Memahami Clause (Klausa) dan Penggunaannya dalam Bahasa Inggris

A. Apakah Clause (Klausa)?

Sudah tahu apa itu clause? Yup, clause adalah kumpulan kata yang mempunyai subject dan predicate, bisa berupa kalimat atau tidak. Kamu pasti sudah tahu bahwa subject itu adalah topik yang sedang dibicarakan, bisa berbentuk orang, keadaan, tempat, atau benda; sedangkan predicate adalah hal yang menerangkan subject. Terus, apa maksudnya bisa berupa kalimat atau tidak? Yuk, kita lihat dulu penjelasan tentang jenis-jenis clause berikut. Clause terbagi dua, yaitu

Penggunaan Phrase Bahasa Inggris
Tahukah kamu apa itu phrase? Ya, phrase adalah gabungan dua kata atau lebih yang tidak mempunyai arti lengkap.

Contoh:
Book (buku) itu sebuah kata. Kalau kamu tambahkan kata lain, misalnya a, the, my, dan sebagainya akan menjadi a book, the book, my book, dll. Nah, a book, the book, my book itu dua kata yang digabungkan, sehingga disebut phrase. Gampang, kan? Lalu, apa yang dimaksud dengan tidak mempunyai arti yang lengkap? Maksudnya adalah sebuah phrase tidak mempunyai subject dan predicate

Percakapan bahasa Inggris sehari-hari dan liburan ke luar negeri disertai terjemah, mulai dari aktivitas pekerjaan, transportasi, sekolah, kampus, kantor, rumah, rumah sakit, bandara. Percakapan dua orang dan lebih, baik british english maupun American English yang dapat dipergunakan untuk berlatih berbicara bahasa Inggris dengan teman atau orang lain.

Percakapan Ungkapan Like dan Dislike
Percakapan Undangan - Invitations
Percakapan Ucapan Selamat - Congratulating
Percakapan Berterima Kasih -

Ucapan dalam kehidupan sehari-hari dalam peristiwa istimewa dan penting, baik momen-momen kebahagiaan maupun duka, seperti ucapan selamat ulang tahun, selamat menikah, menjalani kehidupan baru, naik pangkat, wisuda dan kelulusan, diterima di sebuah institusi atau universitas, mendapat prestasi, juara lomba, dan lain sebagainya.