Cara Belajar Percakapan Bahasa Inggris Mudah dan Cepat

Percakapan bahasa inggris dapat dikuasai dengan mudah dan cepat dengan strategi atau tip dan trik yang tepat. Di dalam percakapan bahasa Inggris, kita juga mesti menggunakan tata bahasa atau grammar yang baik dan benar. Mulai dari penggunaan kalimat sederhana hingga kalimat yang kompleks. Namun, pada umumnya dalam percakapan sehari-hari, biasanya lebih banyak menggunakan kalimat sederhana yang mudah dipahami dengan kosakata atau vocabulary umum. Mungkin lain halnya ketika kita melakukan percakapan formal, seperti ketika wawancara kerja (job interview), forum ilmiah, atau ketika tes TOEFL dan IELTS, yang bisa saja dibutuhkan kalimat yang kompleks, seperti penggunaan idiom atau idiomatic expression expression, kosakata ilmiah, atau reduksi dan inversi kalimat.  Selain itu, di dalam percakapan bahasa Inggris (english conversation), dapat berlaku secara monolog (talk/speaking) oleh seorang atau berupa dialaog mulai dari 2, 3, 4 orang atau lebih.

Apa pun bentuk itu, untuk belajar percakapan bahasa Inggris secara mudah dan cepat kita harus terlebih dahulu memahami SPO, yaitu subjek, predikat, dan objek. Subjek adalah siapa yang berbicara, misalnya penggunaan kalimat I, We, He, She, dan You. Predikat adalah kata kerja yang digunakan yang disampaikan oleh si pembicara (subjek). Objek adalah siapa atau apa yang jadi sasaran atau tujuan dari predikat yang dimaksud oleh si pembicara. Nah, untuk memahami lebih detil lagi pembahasannya silakan baca artikel Penggunaan Subjek, Predikat, dan Objek dalam Bahasa Inggris. Ketika kita sudah memahami SPO, berarti Anda sudah dapat mengerti apan yang Anda bicarakan atau apa yang Anda dengar dari lawan bicara.

Nah, tidak kalah pentingnya adalah bagaimana agar pembicaraan Anda menarik bagi si pendengar. Pasalnya, percakapan akan berjalan baik jika isinya tidak membosankan. Oleh karena itu, sekali-kali Anda mesti menggunakan kalimat-kalimat ungkapan atau ekpresi tertentu dalam mengungkapkan sesuatu yang Anda rasakan dalam bentuk kalimat. Misalnya, ketika Anda merasa heran, takjub, tidak percaya, kecewa, sedih, senang, dan lain sebagainya sebagai bentuk emosional. Misalnya, kata woow, hi, hmmm, amazing, awesome, realy, are you sure? how you can do that? hi, dan lain sebagainya.

Selain itu, gunakan juga kosakata transisi atau word transition. Kata transisi dapat menyambungkan sebuah topik pembicaraan yang bahkan tidak berhubungan dengan topik lainnya. Kata atau kalimat transisi dapat menjadikan pembicaraan Anda tidak terdengar kaku di telinga. Misalnya, penggunaan kalimat mybe, perhaps, but, for example, such as, the first, a finaly way, dan lain sebagainya. Transisi dapat memudahkan lawan pembicara mengerti tentang hubungan topik pembicaraan secara berkaitan, sehingga dapat disimpulkan secara mudah apa yang dimaksud oleh kita sendiri atau lawan bicara.

Selanjutnya, selain mengenai penggunakan kata dan kalimat dalam percakapan, pembicara juga bisa menggunakan bahasa tubuh untuk menyatakan emosional yang dirasakannya atau menyatakan suatu maksud tertentu dengan bahasa tubuh sebagai penegasan. Misalnya, gerakan tangan, mata, mulut, atau mimik wajah. Anda pun pasti akan lebih memahaminya bagaimana cara menggunakannya. Penggunaan bahasa tubuh juga dapat lebih fokus dalam berbicara dan membuat kita rileks serta nyaman, sebab ketegangan dapat menimbulkan kehilangan ide atau rangkaian kalimat yang akan kita bicarakan.

Dan, yang terakhir adalah asah kemampuan berbicara Anda dengan berlatih sendiri, baik berlatih mendengarkan maupun berbicara. Gunakan tape, audio, atau sejenisnya untuk mendengarkan percakapan orang lain. Sedangkan untuk berbicara, Anda juga dapat menggunakan cermin di rumah sebagai ganti lawan bicara sekaligus dapat melatih pelafalan dan bahasa tubuh Anda. Semakin Anda sering berlatih, tentu Anda akan semakin terbiasa sehingga dapat lebih mudah lancar dan mahir berbicara bahasa Inggris, baik British English maupun American English. Tiap hari, tambah pembendaharaan kosatakata (vocabulary) bahasa Inggris Anda.

Nah, untuk menunjang belajar percakapan bahasa Inggris mudah dan cepat, kami sediakan beberapa contoh percakapan Bahasa Inggris dalam berbagai topik dan keadaan. Mulai dari berkunjung, berkunjung, di bank, berterima kasih, di restoran, berobat di rumah sakit, di bandara, di hotel, ucapan selamat, perjumpaan kembali, di telepon, tegur sapa, menyatakan waktu, perkenalan, permohonan maaf, like dan dislike, melapor di kantor polisi, di tempat wisata, menunjukkan arah jalan, undangan, hingga berbelanja, di pasar. Pelajari contoh-contoh percakapan tersebut, lalu kembangkan dengan beragam kosakata tambahan. Demikian pembahasan cara belajar percakapan bahasa inggris mudah dan cepat, semoga dapat menjadi tambahan ilmu yang bermanfaat dan membantu Anda dalam mencari cara belajar yang mudah dan cepat. Selamat belajar percakapan bahasa Inggris!

 

Joomla SEF URLs by Artio