variasi ucapan salam sapaan dalam bahasa inggris yang sering digunakan

Kamu pasti sudah tahu dan sering mendengar kalimat "hello" dan "how are you?" ketika seseorang bertegur sapa (greeting) dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sebenarnya penutur bahasa Inggris tidak selalu mengatakan "hello" dan "how are you?". Mereka juga menggunakan banyak sapaan dan ungkapan bahasa Inggris lainnya untuk bertegur sapa yang disesuaikan dengan siapa mereka bertegur sapa, pada moment apa, dan di mana.

Kamu juga dapat menggunakan sapaan bahasa Inggris tersebut agar terdengar lebih alami, dan juga untuk mengekspresikan dirimu dengan lebih jelas dan tepat.

Nah, dalam "15 Variasi Ucapan Tegur Sapa (Greeting) dalam Bahasa Inggris" ini kita akan pelajari cara menggunakan sapaan bahasa Inggris formal dan informal lainnya, serta ekspresi gaul yang menyenangkan yang digunakan orang di seluruh dunia untuk saling menyapa.

Pertama: Ucapan dan Ekspresi Tegur Sapa Umum yang Sering Digunakan

Orang yang berbahasa Inggris biasanya menyapa satu sama lain secara informal, jadi kamu dapat menggunakan sapaan percakapan umum ini untuk teman, keluarga, serta orang yang kamu temui dalam suasana santai.

1. Hey, Hey Man, or Hi

Anda dapat menggunakan "hey" atau "hi" untuk menyapa seseorang, bukan hanya "hello". Keduanya sangat populer di kalangan remaja. Ucapan "hi" bisa digunakan dalam situasi santai apa pun, sedangkan "hey" biasanya untuk orang yang sudah dikenal atau pernah bertemu. Karenanya, jika kamu mengatakan "hey" kepada orang yang belum kamu kenal atau orang asing, mungkin akan membingungkan orang tersebut. Pasti dia akan mencoba mengingat, kapan pernah bertemu sebelumnya denganmu!
Selain itu, kamu juga dapat menambahkan "man" di akhir "hey" saat menyapa pria. Sebagian orang juga menggunakan "hey man" untuk menyapa wanita yang lebih muda dengan santai kepada orang yang sudah dikenal. Ucapan "hey" juga tidak selalu berarti "hello". "Hey" juga bisa digunakan untuk meminta perhatian seseorang.

 

2. How’s It Going? atau How Are You Doing?

Ucapan "how’s it going?" atau "how are you doing?" (bagaimana kabarmu?) adalah cara santai untuk menanyakan kabar seseorang yang diajak bicara. Jika kamu ingin lebih sopan, gunakan "how are you?", bahkan ucapan ini dapat digunakan untuk menyapa hampir semua orang. Kata "going" biasanya disingkat, sehingga terdengar lebih seperti "go-in".Kamu dapat menjawab dengan "it's going well/semuanya baik-baik saja" atau "I'm doing well/Saya baik-baik saja" bergantung pada pertanyaannya. Meskipun secara tata bahasa tidak benar, kebanyakan orang hanya menjawab "good/baik". Seperti saat menanggapi "how are you?" (bagaimana kabarmu?), kamu juga dapat mengikuti jawabannya dengan menanyakan "and you?" (dan kamu?).

3. What’s Up?, What’s New?, atau What’s Going On?

Ucapan what’s up?, what’s new?, atau what’s going on? adalah beberapa cara informal lainnya untuk menanyakan "kabar". Biasanya digunakan untuk menyapa seseorang yang pernah kita temui sebelumnya. Kebanyakan orang menjawab dengan "nothing/tidak ada" atau "not much/tidak banyak". Atau, jika dirasa tepat untuk berbasa-basi, kamu juga bisa menjelaskan secara singkat apa pun yang baru atau menarik yang terjadi dalam hidupmu. Kemudian kamu dapat bertanya kembali dengan "what about you?/bagaimana denganmu?" untuk melanjutkan percakapan lainnya.

4. How’s Everything ?, How Are Things?, atau How’s Life?

Ucapan how’s everything? (bagaimana semuanya?), how are things? (bagaimana halnya?), atau how’s life? (Bagaimana kehidupan?) adalah beberapa cara umum lainnya untuk menanyakan "kabar". Ucapan-ucapan ini dapat digunakan untuk menyapa siapa pun dengan santai, tetapi paling sering digunakan untuk menyapa seseorang yang sudah dikenal. Untuk ini, kamu bisa menjawab "good" atau "not bad". Jika obrolan ringan dirasa sesuai, kamu juga dapat berbagi secara singkat berita menarik tentang hidup kamu, dan kemudian bertanya kepada orang tersebut "what about you? (bagaimana dengan kamu?)" atau pertanyaan tegur sapa lainnya.

5. How’s Your Day? atau How’s Your Day Going?

Pertanyaan how’s your day? (bagaimana harimu?) atau how’s your day going? (bagaimana perjalanan harimu?) adalah menanyakan "kabarmu" bukan hanya saat ini, tapi bagaimana kabarmu sepanjang hari. Kamu bisa menggunakan greeting dengan seseorang yang kamu temui secara teratur. Misalnya, kamu dapat menanyakan salah satu pertanyaan ini kepada rekan kerja di sore hari, atau kasir yang kamu temui di toko mini market setiap malam. "It’s going well" (Ini berjalan dengan baik) adalah jawaban yang benar menurut grammar, tetapi kebanyakan orang hanya menjawab dengan "good", "fine" atau "alright". Namun memang jawaban "good", "fine" atau "not bad" adalah jawaban sempurna untuk hampir semua pertanyaan greeting.

6. Good to See You atau Nice to See You

Ucapan good to see you atau nice to see you (senang melihat kamu) merupakan sapaan santai yang digunakan dengan teman, rekan kerja, atau anggota keluarga yang sudah lama tidak kamu temui. Terkadang mereka berpelukan saat menyapa satu sama lain, terutama ketika mereka sudah lama tidak bertemu. Karenanya, kamu juga bisa menggunakan sapaan ini sambil berpelukan atau jabat tangan, tergantung hubungan kamu dengan orang tersebut.

7. Long Time No See atau It’s Been a While

Ucapan long time no see (Lama tidak bertemu ) atau it’s been a while (sudah lama) merupakan sapaan santai yang digunakan saat sudah lama tidak bertemu seseorang, terutama jika kita bertemu secara tidak terduga. Berapa lama waktunya? Itu tergantung pada seberapa sering biasanya melihat orang tersebut. Misalnya, kamu dapat menggunakan salah satu dari sapaan berikut jika biasanya bertemu orang tersebut setiap minggu, tetapi kemudian tidak melihatnya selama beberapa bulan atau lebih. Biasanya, ucapan ini diikuti dengan pertanyaan seperti "how are you?", "how have you been?" atau "what's new?"

Kedua: Ucapan Sapaan Bisnis dan Formal

Sebaiknya gunakan sapaan formal pada sebagian besar situasi bisnis. Kemudian dengarkan bagaimana rekan kerja atau mitra bisnis menyapa Anda. Tunggulah sampai ia berbicara santai dengan Anda, sebelum Anda berbicara santai dengannya. Anda mungkin menemukan bahwa orang-orang akan mulai menggunakan sapaan santai dengan Anda seiring berjalannya waktu, seiring semakin mengenal satu sama lain. Sealin itu, sapaan formal juga digunakan saat Anda bertemu orang yang lebih tua.

8. Good Morning, Good Afternoon, atau Good Evening

Ucapan ini adalah cara formal untuk mengatakan "hello", yang berubah bergantung pada waktu. Ingatlah bahwa "good night" hanya digunakan untuk mengucapkan "selamat tinggal". Jadi, jika kamu bertemu seseorang di malam hari, sapalah dengan "good evening", bukan "good night". Good morning bisa dibuat lebih santai hanya dengan mengucapkan "morning". Kamu juga dapat menggunakan "afternoon" atau "evening" sebagai sapaan informal, tetapi ini jarang digunakan.

9. It’s Nice to Meet You atau Pleased to Meet You

Ucapan it’s nice to meet you atau pleased to meet you (senang bertemu Anda) merupakan sapaan formal dan sopan. Jika kamu mengatakan hal ini kepada seseorang saat pertama kali bertemu dengannya, hal itu akan membuat kamu terlihat sopan. Ingatlah, gunakan sapaan ini saat pertama kali kamu bertemu seseorang. Lain kali ketika berjumpa lagi dengan orang tersebut, kamu dapat menunjukkan bahwa kamu mengingatnya dengan mengatakan "it’s nice to see you again" (senang bertemu Anda lagi).

10. How Have You Been?

Sapaan "how have you been?" (bagaimana kabarmu?) ini hanya ditanyakan kepada orang yang sudah pernah bertemu. Jika seseorang bertanya "how have you been?" berarti ia ingin tahu apakah kamu baik-baik saja sejak terakhir kali kamu berdua bertemu.

11. How Do You Do?

Sapaan ini SANGAT formal, dan sangat tidak umum, tetapi mungkin masih digunakan oleh sebagian orang yang lebih tua. Kamu bisa menjawabnya dengan "I’m doing well" (saya baik-baik saja).

Ketiga: Ucapan Tegur Sapa/Salam Gaul (Slang)

Sapaan slang sangat informal. Hanya boleh digunakan dengan orang yang kamu kenal baik, dan merasa sangat nyaman. Ingatlah bahwa banyak bahasa gaul bersifat regional. Misalnya, jika kamu menggunakan bahasa gaul (slang) Australia, akan terdengar aneh jika diucapkan di Amerika. Kamu perlu mempelajari bahasa gaul lokal di mana pun berada. Berikut ini kami berikan contoh umum sapaan gaul.

12. Yo!

Sapaan yang sangat informal ini umum di Amerika. Itu berasal dari bahasa gaul hip-hop tahun 1990-an dan belakangan ini sering digunakan untuk bercanda. Salam ini hanya boleh digunakan dengan teman-teman yang sangat dekat, dan tidak pernah dalam lingkungan bisnis.

13. Are You OK?, You Alright?, atau Alright Mate?

Cara santai untuk menyapa "hello" dan "how are you" secara umum di Inggris. Kamu bisa menjawab "yeah, fine", atau cukup "alright".

14. Howdy!

Ini adalah singkatan yang sangat informal dari sapaan "how do you do?". Sapaan ini umum dilakukan di beberapa bagian negara Kanada dan Amerika Serikat. Ingatlah bahwa jika kamu mengatakan "howdy" di luar wilayah ini, kamu akan terdengar seperti seorang koboi, itu mungkin membuat orang lain tertawa.

15. Sup? atau Whazzup?

Salam ini adalah singkatan dari "what's up?" yang umum dilakukan di kalangan remaja. Seperti sapaan "what's up?" kamu juga bisa menjawab "nothing" atau "not much".

 

Semoga 15 Variasi Ucapan Tegur Sapa (Greeting) dalam Bahasa Inggris ini dapat menambah wawasan kamu dan mencobanya dalam percakapan bahasa Inggris. Menyapa orang dengan cara yang berbeda akan membantu bahasa Inggris kamu terdengar lebih alami, bahkan mungkin membuat sapaan kamu lebih menyenangkan dan menarik untuk meningkatkan komunikasi kamu bersama teman atau kolega, baik secara langsung maupun melalui media sosial.


Sumber: https://www.fluentu.com/blog/english/english-greetings-expressions/

15 Variasi Ucapan Tegur Sapa (Greeting) dalam Bahasa Inggris
Note 5 sur 5 Pour 1 votes