Huruf, Bunyi, dan Penulisan Bahasa Jepang
Penulisan huruf bahasa Jepang dapat dibuat menggunakan salah satu dari tiga jenis huruf. Begitu pun dengan buyi pelafalannya. Berbeda dengan bahasa Indonesia atau Inggris yang hanya ditulis menggunakan satu jenis huruf Latin. Berikut ini kami jelaskan tentang Huruf, Bunyi, dan Penulisan Bahasa Jepang.

A. Huruf Bahasa Jepang

 Bahasa Jepang terdiri dari tiga jenis huruf/aksara:

  1. Hiragana: huruf yang dipakai untuk menuliskan nama-nama dan kata-kata asli bahasa Jepang. Contoh: あなた anata (kamu), い しゃ isha (dokter), ゆきこ yukiko (Yukiko), dan sebagainya.
  2. Katakana: huruf yang dipakai untuk menuliskan nama-nama dan kata-kata yang diambil dari bahasa asing atau kosakata serapan, misalnya: ラジオ rajio (radio), テレビ terebi (television), dan sebagainya. Selain itu, dipakai untuk nama orang asing dan nama negara (kecuali Cina dan Korea), misalnya: ジェーン jēn (Jane), マイク maiku (Mike), インドネシア Indonesia, アメリカ Amerika, dan sebagainya.
  3. Kanji: huruf yang menunjukkan arti dan juga bunyinya. Contoh: 私 watashi (saya), 日 nichi (hari), 今 ima (sekarang), dan sebagainya.

CATATAN:

  • Huruf Katakana dan Hiragana mewakili satu bunyi, dan pada umumnya satu kana mewakili sebuah mora (satuan bunyi huruf Jepang). Sedangkan Kanji mewakili satu makna/arti.
  • Selain Katakana, Hiragana, dan Kanji, di dalam bahasa Jepang juga digunakan huruf Latin (Romaji). Huruf Latin dibaca seperti cara baca bahasa Inggris, contoh Tシャツ(dibaca tiishatsu → T-shirt), ATM (dibaca ee-tii-em), VCD (dibaca buishii-dii), dan sebagainya.

B. Satuan Bunyi Huruf Jepang

Bunyi huruf Katakana maupun Hiragana adalah sama. Masing-masing huruf terdiri dari 46 huruf sehingga total huruf kana (Katakana dan Hiragana) adalah 92 huruf. Berikut ini satuan bunyinya.

C. Penulisan Huruf Bahasa Jepang

1. Huruf Katakana

Huruf Katakana dipakai untuk menuliskan nama-nama dan katakata yang diambil dari bahasa asing atau kosakata serapan. Dahulu huruf katakana hanya digunakan oleh kaum lelaki sehingga bentuknya cenderung lurus-lurus. Bagaimana cara penulisannya? Cara penulisannya bisa Anda baca langkah-langkahnya secara lengkap dalam artikel "Cara Menulis Huruf Katakana"

2. Huruf Hiragana

Huruf Hiragana dipakai untuk menuliskan nama-nama dan kata-kata asli bahasa Jepang, juga perkataan dimana kanji lama tidak digunakan atau sudah tidak diketahui. Huruf ini umumnya digunakan untuk situasi formal. Dahulu, huruf Hiragana digunakan oleh para wanita Jepang sehingga bentuk tulisannya halus. Bagaimana cara penulisannya? Cara penulisannya bisa Anda baca langkah-langkahnya secara lengkap dalam artikel "Cara Menulis Huruf Hiragana"

3. Huruf Kanji

Cara baca huruf Kanji ada dua, yaitu cara baca bahasa Jepang dan cara baca bahasa China. Cara baca bahasa Jepang disebut “kunyomi”, ditulis dengan huruf Hiragana. Cara baca bahasa China disebut “on-yomi”, ditulis dengan huruf Katakana. Bagaimana cara penulisannya? Cara penulisannya bisa Anda baca langkah-langkahnya secara lengkap dalam artikel "Cara Menulis Huruf Kanji"
Joomla SEF URLs by Artio