Cara Tes TOEFL PBT dan Penilaiannya

Struktur Tes PBT-TOEFL (Paper Based Testing)

TOEFL jenis PBT menguji keterampilan bahasa yang disesuaikan dengan bidang akademik dan profesi. Bidang-bidang tersebut dikemas dan dibagi menjadi beberapa bagian. Biasanya PBT-TOEFL terdiri dari tiga bagian (section) tes dengan 140 pertanyaan. Tes PBT-TOEFL ini selalu dimulai dengan Listening Comprehension yang terdiri dari Part (bagian) A, B dan C, kemudian dilanjutkan dengan Structure and Written Expression yang terdiri dari Part A dan B, dan yang terakhir adalah Reading Comprehension. Berikut ini penjelasannya pada masing-masing bagian (section).

SECTION 1
Listening Comprehension (Pemahaman dalam Mendengarkan)

Bagian ini menguji kemampuan Anda dalam mendengarkan percakapan ataupun pidato pendek dalam bahasa Inggris melalui tape atau media audio lainnya yang disediakan oleh panitia tes TOEFL.
Jumlah soal bagian ini adalah 50 soal dengan waktu 40 menit.

SECTION 2
Structure and Written Expression (Struktur dan Ungkapan Tertulis)

Bagian ini berkaitan dengan grammar atau tata bahasa. Bagian ini menguji kemampuan Anda dalam memahami tata bahasa Inggris dan ungkapan-ungkapan yang lazim ada dalam bahasa tulis di dalam bahasa Inggris. Selain itu, bagian ini juga menuntut kemampuan Anda dalam menggunakan dan mengetahui letak kesalahan dari ungkapan atau tata bahasa tersebut.
Jumlah soal bagian ini adalah 40 soal dengan waktu 25 menit.

SECTION 3
Reading Comprehension (Pemahaman Bacaan)

Bagian ini menguji kemampuan Anda dalam memahami berbagai jenis bacaan ilmiah berkaitan dengan topik, ide utama, isi bacaan, arti kata atau kelompok kata, serta informasi detail yang berkaitan dengan bacaan tadi. Karena tingkat kosakata dan tingkat kesulitan teks yang dipakai dalam bacaan cukup tinggi, Anda harus menggunakan strategi yang tepat dalam mengerjakan bagian ini.
Jumlah soal bagian ini adalah 50 soal dengan waktu 55 menit.

SECTION 4
Test of Written English (TWE) (Menulis)

Bagian ini menguji kemampuan Anda dalam menulis bahasa Inggris dalam bentuk esai. Anda akan diberikan satu topik tertentu dan selanjutnya Anda diminta untuk menuangkannya dalam bentuk esai pendek. Namun tidak semua tes TOEFL mengujikan TWE. Bahkan hanya sedikit yang memasukkannya sebagai salah satu materi pengujian. Skor TWE diberikan secara terpisah dari skor TOEFL secara keseluruhan. Skala penilaiannya berkisar antara 1-6. Bila TWE termasuk bagian yang diujikan dalam sebuah tes TOEFL, biasanya ia dilaksanakan sebelum ujian Listening Comprehension. Jumlah soal bagian ini hanya 1 soal dengan waktu 30 menit.
Sub-Test
Jumlah Soal
Waktu (menit)
Listening Comprehension
50
40
Structure & Written Expression
40
25
Reading Comprehension
50
55
Test of Written English
1 topik esai
30

Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Tes TOEFL?

Perhatikan poin-poin berikut, sebagai persiapan sebelum menghadapi ujian Tes TOEFL:
  1. TOEFL merupakan model tes yang mempunyai pola-pola tertentu.
  2. Kenali bentuk-bentuk perintah (direction) dalam TOEFL.
  3. Tes TOEFL bukan merupakan bahan yang harus dihindari.
  4. Belajar TOEFL adalah menyenangkan.
  5. Biasakan hari-hari Anda dengan membaca bacaan apa saja yang berbahasa Inggris.
  6. Jangan membatasi bacaan Anda pada tema-tema tertentu.
  7. Luangkan waktu Anda untuk membaca tiga kalimat dalam setiap harinya.
  8. Belajar bahasa adalah proses yang memakan waktu.

Berapa Skor TOEFL yang Dibutuhkan?

Beberapa universitas dan institut di dalam negeri mensyaratkan skor antara 400-500 untuk dapat lolos seleksi Program S2. Program S3 berkisar antara 450-550. Berapa skor minimal yang dibutuhkan bergantung pada kebijakan dan kebutuhan institusi atau universitas yang bersangkutan. Demikian juga untuk lolos studi ke luar negeri, skor TOEFL yang dipersyaratkan minimal 500, 550 atau bahkan 600. Skor yang dipersyaratkan berbeda-beda antara universitas satu dengan yang lain. Sementara untuk promosi atau kenaikan jabatan biasanya skor minimal yang dipersyaratkan 450-550. Pada prinsipnya jumlah skor TOEFL yang dibutuhkan sangat bergantung pada instansi yang berkaitan.

Kapan Pelaksanaa Ujian Tes TOEFL?

International TOEFL biasanya diadakan pada bulan April, Mei, Oktober, November, dan Desember setiap tahunnya. Pertimbangkan bulan apa Anda ingin mengikuti tes TOEFL dan persiapkan diri Anda untuk mengerjakan tes TOEFL tersebut dengan baik.
Perlengkapan yang harus Anda bawa saat mengikuti tes TOEFL antara lain:
  1. Formulir pendaftaran dan atau kuitansi pendaftaran.
  2. Kartu identitas, misal: KTP, SIM, atau Paspor.
  3. Pensil 2B dan karet penghapus.
  4. Jam.

Dari Mana Kami Mendapatkan Informasi Tentang TOEFL

Untuk mendapatkan informasi tentang ujian International TOEFL, Anda bisa membacanya melalui TOEFL Bulletin Information. Untuk mendapatkan TOEFL Bulletin Information, Anda bisa melakukan hal-hal berikut:
  1. Unduh melalui www.toefl.org.
  2. Hubungi nomor 1-609-771-7100.
  3. Berkorespondensi dengan TOEFL Services di P.O.BOX 6151 Princeton, NJ 08541-6151; U.S.A. Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai International TOEFL atau Institutional TOEFL melalui Test Centers (Pusat Tes) yang ada di beberapa lembaga pemerintahan, kantor departemen ataupun di beberapa universitas/institut negeri dan swasta ternama di Indonesia.
Sudah siapkah Anda? Jika sudah siap, silakan pilih Tempat Tes TOEFL di Indoensia. Untuk mendapatkan hasil terbaik dengan proses belajar yang tepat, kami sarankan gunakan program Genius TOEFL. Program ini akan memberikan semua kebutuhan Anda dalam menguasai materi TOEFL, mulai dari tingkat dasar hingga tingkat mahir (advance).