Tips Menjawab Soal TOEFL Structure and Written Expression
Soal Structure and Written Expression dalam TOEFL dibuat untuk menguji kemampuan Anda dalam mengidentifikasi bahasa Inggris tulis yang digunakan dalam situasi formal (formal written English). Banyak ekspresi bahasa Inggris yang bisa diterima dalam komunikasi lisan, namun tidak bisa diterima atau tidak lazim digunakan dalam komunikasi tulis, apalagi yang bersifat formal.

Anda dituntut untuk bisa menentukan kalimat-kalimat mana yang paling efektif, dan benar dalam pengungkapannya, sehingga pengetahuan yang cukup tentang grammar sangat diperlukan karena Anda bisa dengan mudah mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang ada pada kalimat-kalimat tersebut.

Tip Structure and Written Expression

  1. Pahami bentuk-bentuk petunjuk (direction) pada masing-masing bagian (part) dengan baik sebelum hari-H ujian.
  2. Kerjakan soal-soal structure terlebih dahulu.
  3. Lanjutkan pada soal-soal written expression.

Tips Mengerjakan Soal Structure and Written Expression

  1. Pertama-tama perhatikan kalimat yang dipertanyakan dalam soal.
  2. Perhatikan masing-masing jawaban yang tersedia, pilihlah yang paling tepat untuk melengkapi kalimat yang dipersoalkan.
  3. Jangan pernah mengeliminasi sebuah pilihan jawaban dengan hanya melihat pada jawaban tanpa melihat kalimat soal.
  4. Pertama-tama perhatikan kata atau kelompok kata yang digarisbawahi dan temukan secara cepat bagian mana yang tidak tepat.
  5. Bila soal yang Anda hadapi tidak bisa diidentifikasi hanya dengan melihat kata atau kelompok kata yang bergaris bawah, segeralah membaca kalimat secara lengkap.
Bagian kedua bab ini akan membahas struktur kalimat yang sering muncul pada tes TOEFL yang diikuti dengan contoh-contoh soal yang dibahas jelas dan tuntas. Dalam tes TOEFL ada banyak unsur tata bahasa (grammar) yang diujikan dalam bagian ini. Untuk bisa mengerjakan soal-soal bagian ini, Anda harus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan tentang unsur-unsur tata bahasa tersebut.

Pada bagian akhir bab ini Anda akan diberikan pola soal yang sering muncul dalam tes TOEFL, dan Anda dapat menggunakannya sebagai bahan latihan dan mencoba menghitung skor structure and written expression. Pada bagian pola soal yang sering muncul dalam tes TOEFL tidak hanya kunci jawaban saja, akan tetapi juga dibahas bagaimana unsur-unsur tata bahasa yang dibahas dalam bagian awal digunakan untuk menjawab soal-soal yang tersedia. 

Structure and Written Expression terdiri dari dua bagian: struktur kalimat dan ekspresi bahasa Inggris tulis (written expression). Structure and Written Expression terdiri dari 40 soaI, yang meliputi 15 soal structure (nomor 1 sampai dengan 15) dan 25 soal written expression (nomor 16 sampai dengan 40). Waktu untuk mengerjakan 40 soal ini adalah 25 menit.