Tips Menjawab Soal TOEFL Structure and Written Expression Part A

Part A

STRUCTURE

Pada Part A dalam soal Structure and Written Expression yang terdiri dari 15 pertanyaan/soal, dirancang untuk menguji kemampuan Anda dalam mengenali bahasa yang tepat dipakai dalam bahasa Inggris tulis standar (standard written English). Kelima belas pertanyaan tersebut berupa kalimat-kalimat tidak lengkap. Di bawah masing-masing kalimat (soal), Anda akan menjumpai empat pilihan (A, B, C, atau D) yang berupa kata atau frasa. Anda harus memilih salah satu dari keempat pilihan tersebut yang paling tepat digunakan untuk melengkapi kalimat soal.
Berikut ini adalah petunjuk mengerjakan soal pada Part A disertai satu contoh soal beserta jawaban dari soal tersebut.

Directions

Questions 1-15 are incomplete sentences. Beneath each sentence you will see four words or phrases, marked (A), (B), (C), and (D). Choose the one word or phrase that best completes the sentence. Then, on your answer sheet, find the number of the question and fill in the space that corresponds to the letter of the answer you have chosen. Fill in the space so that the letter inside the oval cannot be seen.

Petunjuk

(Pertanyaan nomor 1-15 berupa kalimat-kalimat tidak lengkap. Di bawah masing-masing kalimat Anda akan melihat empat kata atau frasa yang ditandai dengan huruf (A), (B), (C) dan (D). Pilihlah satu kata atau frasa yang paling tepat untuk melengkapi kalimat tersebut. Kemudian pada lembar jawab Anda temukan nomor pertanyaan tersebut dan hitamkan bulatan yang sesuai dengan huruf (pilihan) jawaban Anda. Hitamkan sampai huruf di tengah bulatan tersebut tidak terlihat.)

1. There... antique furniture available in this gallery three days ago.
    (A)  was not
    (B)  was no
    (C)  is not
    (D)  is no
Jawaban: B
Karena setelah titik-titik ada kata benda (noun) maka yang dibutuhkan adalah to be + no, dan karena tense-nya lampau (three days ago) maka jawaban yang tepat adalah was no.

2. ... you fatter when you studied in senior high school?
    (A)  Was
    (B)  Are
    (C)  Were
    (D)  Have
Jawaban: C
Fatter merupakan kata sifat (adjective) jadi dibutuhkan to be. Karena tense-nya bentuk lampau (studied) dan subjeknya you, maka to be yang tepat adalah were.

Dalam menjawab setiap soal atau pertanyaan pada Part A, strategi yang bisa Anda gunakan antara lain sebagai berikut:
  1. Baca satu kalimat secara keseluruhan yang dilengkapi dengan jawaban yang ada pada pilihan (A).
  2. Jika kalimat itu tidak benar, coba temukan alasan mengapa kalimat itu tidak benar.
  3. Jika Anda bisa menemukan alasan mengapa jawaban (A) tidak benar, lanjutkan ke jawaban (B) , (C), dan (D).
  4. Jika Anda tetap tidak yakin, coba ingat-ingat pola kalimat pada soal tersebut.
  5. Jika Anda tidak bisa menemukan jawaban yang benar, abaikan jawaban-jawaban yang jelas- jelas salah dan tebaklah.

Demikian uraiang mengenai Tips Menjawab Soal Structure and Written Expression Part A, agar Anda dapat lebih mudah dan tepat dalam menjawab soal TOEFL di bagian Structure. Untuk berlatih menjawab soal-soal TOEFL bagian ini, silakan baca Contoh Soal TOEFL Structure and Written Expression, atau langsung menggunakan software Genius TOEFL yang super lengkap untuk belajar semua materi TOEFL dan praktik tes TOEFL yang dapat diaplikasikan untk tes TOEFL PBT, CBT, IBT, dan ITP.


Joomla SEF URLs by Artio