Tips Menjawab Soal TOEFL Structure and Written Expression Part B

PART B

WRITTEN EXPRESSION

Pada Part B dalam soal Structure and Written Expression yang terdiri dari 25 pertanyaan, berupa kalimat-kalimat. Masing-masing kalimat memiliki empat kata atau frasa yang digaris bawah, dan ditandai dengan huruf (A), (B), (C), atau (D). Anda diminta memilih salah satu dari keempat kata atau frasa tersebut yang harus diganti untuk membuat kalimat itu menjadi benar. Dengan kata lain, Anda diminta untuk memilih salah satu dari keempat kata/frasa yang salah.

Berikut ini adalah petunjuk mengerjakan soal pada Part B disertai satu contoh soal beserta bahasan jawaban dari soal tersebut.

Directions

In questions 16-40, each sentence has four underlined words or phrases. The four underlined part of the sentence are marked (A), (B), (C), and (D). Identify the one underlined word or phrase that must be changed in order for the sentence to be correct. Then, on your answer sheet, find the number of the question and fill in the space that corresponds to the letter of the answer you have chosen.

Petunjuk

(Pada soal no. 16-40 setiap kalimat memiliki empat kata atau frasa yang digaris bawah. Keempat bagian kalimat yang digaris bawah tersebut ditandai dengan huruf (A), (B), (C) dan (D). Temukan satu kata atau frasa yang digaris bawah yang harus diganti agar kalimat itu menjadi benar. Kemudian, pada lembar jawab Anda, temukan nomor soal/pertanyaan tersebut dan hitamkan bulatan sesuai dengan huruf/jawaban yang telah Anda pilih.)
Contoh:

1.  Venomous snakes with modified teeth connected to
                                   A
poison glands in which the venom  is  secreted and stored.
                   B                                         C       D
Jawaban: A
Agar kalimat di atas benar, seharusnya kata with dihilangkan.
Kata modified pada kalimat tersebut merupakan kata kerja asli, jadi tidak membutuhkan preposisi sebagai participle.

2.  The new mall shopping in the downtown area will be more
                               A                      B
     expensive for shoppers than the mall on th e fre eway outside the town.
                           C                       D
Jawaban: A
Seharusnya posisi kata shopping berada di depan mall karena berfungsi sebagai adjective, atau kata shopping harus dihilangkan

Untuk mengerjakan soal pada Part B, Anda dapat menggunakan strategi sebagai berikut:
  1. Bacalah keseluruhan kalimat soal yang sedang Anda kerjakan.
  2. Jika Anda belum bisa menemukan kesalahan, coba ingat pola-pola kalimat yang dijelaskan pada buku ini.
  3. Bagian-bagian kalimat bergaris bawah yang benar adalah sesuai dengan pola-pola yang ada.
  4. Jika Anda masih belum bisa menemukan kesalahan pada kata frase yang bergaris bawah, pastikan Anda memilih satu jawaban.
Demikian uraiang mengenai  Tips Menjawab Soal Structure and Written Expression Part B, agar Anda dapat lebih mudah dan tepat dalam menjawab soal TOEFL di bagian Structure. Untuk berlatih menjawab soal-soal TOEFL bagian ini, silakan baca Contoh Soal TOEFL Structure and Written Expression, atau langsung menggunakan software Genius TOEFL yang super lengkap untuk belajar semua materi TOEFL dan praktik tes TOEFL yang dapat diaplikasikan untk tes TOEFL PBT, CBT, IBT, dan ITP.


Joomla SEF URLs by Artio